Langkah Membuat Karya Ilmiah UT (KARIL) Lulus Tanpa Plagiasi

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarkatuh !!

Pada kesempatan kali ini ABA Channel akan memberikan Tips Kepada Bapak/Ibu Semua tentang tata cara dan teknis dalam pembuatan Karya Ilmiah (KARIL) Pada Universitas Terbuka. diharapkan dengan coretan informasi pada website ini bapak/ibu dapat Lulus Dalam Proses Pembuatan Karil (Karya Ilmiah) Pada Universitas Terbuka (UT). Informasinya Berikut ini :
membuat sebuah Karil adalah suatu ke harusan. Karena tidak membuat Skripsi sebagai syarat kelulusan, sebagai gantinya mahsiswa di wajibkan mengikuti TAP (Tugas Akhir Program) dan Karil atau Karya Ilmiah.

Apa itu Karya Ilmiah??

Karya ilmiah adalah tulisan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian yang memfokuskan pada satu bidang tertentu yang disusun berdasarkan metode sistematika penulisan yang sudah di tentukan, dengan Bahasa yang santun, dimana isi dan kebenaran tulisanya dapat dipertanggungjawabkan.

Definisi karya ilmiah menurut Sudjiman dan Sugono (1991) adalah karya tulis dengan penyusunan berdasarkan kajian ilmiah.
Sedangkan menurut Suriasumantri (1995) dalam Finoza (2010), karya tulis ilmiah adalah tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan serta dikomunikasikan lewat bahasa tulisan yang baku dengan sistematis-metodis dan sintesis analitis.

Menurut Eko Susilo (1995) karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya atau keilmiahannya.

Menurut Dwiloka dan Riana, karya ilmiah atau artikel ilmiah merupakan karya seorang ilmuwan (pembangunan) yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, serta penelitian.

Pengertian karya tulis ilmiah menurut KBBI merupakan karya tulis yang dibuat menggunakan prinsip-prinsip ilmiah dan berdasarkan fakta (observasi, eksperimen, dan kajian pustaka).

Pengertian karya tulis ilmiah menurut wikipedia adalah laporan tertulis diterbitkan yang mengungkapkan hasil penelitian atau pengkajian yang dilakukan oleh seseorang atau tim dengan memenuhi kaidah serta etika keilmuan yang ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ketentuan Karil Universitas Terbuka (UT)

Untuk dapat membuat Karil yang baik langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memahami ketentuan penyunan karil di Universitas Terbuka. Beberapa poin penting dalam membuat karil di UT adalah:

  • Artikel merupakan karya asli, bukan plagiat, dan belum pernah diterbitkan pada media lain.
  • Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia, dengan spesifikasi sebagai berikut:
    • menggunakan kertas berukuran A4
    • menggunakan ketikan 1,5 (satu setengah) spasi
    • jumlah halaman : 7 – 12 halaman untuk mahasiswa FEKON, FISIP, dan FMIPA 10-15 halaman untuk mahasiswa PPs
    • draft diupload dalam bentuk doc & docx, rtf, atau odt.
    • abstrak (maksimal 200 kata) dan 3-5 kata kunci, ketikan 1 (satu) spasi.
    • Artikel disusun dalam satu file secara menyeluruh.
    • Tabel harus dibuat langsung dalam word processor (tabel standar) bukan konversi dari program excel atau yang lainnya
  • Penulisan Daftar Pustaka: menggunakan American Psychological Association (APA) Style
    • Buku: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul.
    • Nama tempat penerbitan: Penerbit.
    • Periodicals/jurnal ilmiah: nama belakang, singkatan nama depan. (tahun). Judul artikel. Nama Periodicals, vol (nomor), nomor halaman.
    • Catatan kaki diletakkan di belakang naskah, kecuali catatan kaki yang memberikan elaborasi dapat diletakan pada halaman yang bersangkutan.

Prinsip Penyusunan Karil UT

  • Abstrak. Abstrak merupakan rangkuman dari isi tulisan dalam format yang sangat singkat, terdiri dari 1 paragraf. Seluruh informasi penting dari setiap unsur dalam karya ilmiah harus dikemukakan. Abstrak dapat mencakup konteks penulisan, tujuan penulisan, temuan utama, kesimpulan, dan rekomendasi penulis. Pada bagian bawah abstrak dicantumkan kata kunci, yaitu kata yang paling bermakna dalam tulisan. Kata kunci ini merupakan alat yang digunakan untuk pencarian karya ilmiah yang Anda tulis.
  • Pendahuluan. Bagian ini berisi latar belakang penelitian,pemikiran,ide atau gagasan, pertanyaan mengapa hal tersebut dilakukan, atau mengapa artikel ini ditulis, fokus tulisan, dan keterbatasan yang ada. Kutipan dari karya orang lain yang mirip dapat dituliskan pada bagian ini dengan mencantumkan sumbernya. Perlu dikemukakan pula landasan teori yang mendukung isi artikel secara singkat Bagian ini jangan terlalu mendominasi karya ilmiah. Secara umum bagian ini hanya 10% dari seluruh bagian tulisan.
  • Metode. Bagian ini menggambarkan langkah penelitian yang telah dilakukan beserta alasannya. Cara melakukan analisis dan statistik yang digunakan harus dikemukakan secara jelas, sehingga orang lain dapat mengulang langkah yang telah dilakukan.
  • Hasil dan Pembahasan (untuk artikel hasil penelitian). Bagian ini menyajikan semua data yang telah diperoleh. Data harus disajikan secara jujur, teliti dan cermat, tidak menyimpang dari judul makalah. Setiap hasil yang dikemukakan dibahas dan dianalisis serta dibandingkan dengan pustaka atau temuan peneliti lain. Tabel dan grafik dipergunakan untuk mempermudah analisis.
  • Pembahasan (untuk artikel bukan hasil penelitian) Bagian ini merupakan pokok utama dari tulisan, yang dapat terdiri dari beberapa Sub Bab sesuai dengan kebutuhan. Setiap uraian yang dikemukakan harus didukung analisis dan pembahasan.
  • Penutup. Bagian ini berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan harus ditarik dari temuan yang konkrit yang ada dalam uraian dan pembahasan sebelumnya. Jangan mengambil kesimpulan yang tidak pernah dibahas dalam bab sebelumnya. Jangan menyimpulkan sesuatu dari data yang kurang lengkap, atau bahkan dari data yang tidak ada sama sekali. Pada bagian ini dapat ditambahkan saran tentang ide baru yang timbul dari pembahasan, dan komentar berharga untuk penelitian lebih lanjut.
  • Daftar Pustaka. Pada bagian ini hanya dituliskan sumber pustaka yang benar-benar dirujuk dalam artikel saja. Cara penulisan harus akurat dan sesuai dengan aturan jurnal yang dipersyaratkan. Lebih diutamakan rujukan yang berasal dari pustaka primer, yaitu artikel/jurnal ilmiah yang diterbitkan secara berkala yang merupakan hasil penelitian. Sebagai tambahan dapat merujuk kepada buku teks. Lebih diutamakan artikel terkini yang terbit pada 5 tahun terakhir.

 

{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.singularReviewCountLabel }}
{{ reviewsTotal }}{{ options.labels.pluralReviewCountLabel }}
{{ options.labels.newReviewButton }}
{{ userData.canReview.message }}

Postingan Lainnya

SKP
abachannel

KONSULTASI SKP 2024 !!

Form ini di Khususkan bagi bapak ibu yang membutuhkan jasa untuk konsultasi saat pembuatan SKP Pada Simaster BKD Jatim (MASIH KESULITAN NONTON VIDEO) INI SIFATNYA

Read More »

Temukan Kami Di Telegram